Cara Jadikan HP China Sebagai Modem PC

Ada pertanyaan apa bisa HP China  dijadikan modem untuk PC? Jawabanya bisa, HP China atau HP merek lokal bisa dijadikan Modem untuk terkoneksi ke Internet dengan menggunakan PC namun ada sedikit setingan dan cara cara yang harus kamu lakukan.


Nah bagi kamu yang mau menjadikan HP China untuk modem siponsel.com berikut ini memberikan sedikit tips dan cara seting HP China untuk modem.
1. Perta kamu harus mendownload aplikasi USB_Modem_Driver_ponsel_china.zip ini ke pc kamu dulu.
2. Selanjutna hubungkan HP China kamu dengan mengunakan kabel USB yang ada ke PC.
3. Setelah tersambung nati akan ada pilihan pastikan kamu memilih “Port Com“.
4. Setelah ponsel tersambung dalam mode Port Com, biasanya akan muncul notifikasi pada Komputer bahwa ditemukan hardware baru. Ikuti lah wizard tersebut. Jika ada pemberitahuan bahwa driver tidak ditemukan, pilih untuk menginstal secara manual (Have Disk). Kemudian, browse atau cari lah folder yang telah di extrak pada nomor 1 di atas, lalu klik Next dan Continue Anyway.
5. Sampai disini HP China kamu sudah dikenali oleh pc sebagai modem. Untuk memastikanya kamu bisa melihatnya dengan cara buka Control Panel -> Phone And Modem Option -> Modems. Disitu akan terlihat nama modem: MTK GPRS USB Modem.
6. Double klik pada MTK GPRS USB Modem, Pilih Tab Diagnostic kemudian klik Query Modem. Jika sukses, berarti modem sudah berfungsi dengan baik.
7. Kemudian pilih Tab Advanced. Pada Extra Initialization Command, isi dengan: AT+CGDCONT=1,”IP”,”APN-sesuai-operator”. Adapun APN, Username dan password operator GSM yang ada di indonesia adalah sbb:
  • Telkomsel: telkomsel – wap – wap123
  • XL non unlimited: www.xlgprs.net – xlgprs – proxl
  • XL Unlimited: xlunlimited – kosongkan – kosongkan
  • Indosat: www.indosatgprs.com – indosat – indosat
  • Three non Unlimited: 3gprs – 3gprs – 3gprs
  • Three Unlimited: 3data – 3data – 3data
  • Axis:  AXIS – axis – 123456
Jadi jika kamu menggunakan kartu SIM telkomsel, maka yang kamu isikan adalah AT+CGDCONT=1,”IP”,”telkomsel”. Jadi Sesuaikan saja dengan operator yang kamu pakai. Jika telah selesai, Klik OK dan OK lagi hingga selesai.
8. Langkah selanjutnya, pada komputer kamu, buka Control Panel -> Network Connection -> Create a new connection. Klik Next, Pilih Connect to the internet kemudian klik Next. Pilih Setup my connection manually dan klik Next. Pilih Connect using dial-up modem lalu klik Next. Pada ISP Name, ketikkan nama operator misal Telkomsel lalu klik Next. Pada Phone Number, isi dengan *99# lalu klik Next. Isi Username sesuai dengan tabel di atas, misal kalau telkomsel di isi dengan wap, lalu password di isi dengan password sesuai operator nya, misal kalau menggunakan telkomsel, di isi dengan wap123. Klik Next lalu Finish.
Samapai disini sebnarnya setingan cara menjadikan HP China sebagai modem sudah selsai dan tinggal mengkonekan saja ke internet caranya Start -> Connect To lalu pilih nama koneksi yang telah di buat tadi misal Telkomsel, lali klik Dial. Nah jika berhasil maka kamu akan tersambung ke Intenet.
Nah dengan tips dan trik ini semoga kamu bisa menjadikan HP China yang kamu miliki sebagai modem untuk terhubung ke internet melalui PC. Selamat mencoba.

Tidak ada komentar :

Posting Komentar

Assalamualaikum.